Bukan Blackberry

Posted by: widitricahyo / Category:

Melihat judulnya mungkin anda akan bertanya-tanya. Judul diatas merupakan suatu aplikasi situs dari twiiter.abifathir.com yang mengizinkan para user untuk mengupdate status twitter via situs tersebut. Namun jika mengupdate status melalui twitter biasa maka akan tampil suatu pemberitahuan via twitter. Namun jika mengupadte status lewat twitter.abifathir.com,yang tertulis bukan via Twitter lagi,melainkan "from Bukan Blackberry". Mengupdate status lewat situs ini sebenarnya hampir sama dengan aplikasi situs pengupdate status twitter pada umumnya,namun bagi saya karena membawa nama "Bukan Blackberry" akan terlihat lucu pada para followers kita.


Baca selengkapnya »

sintak membuat orang 2D menggunakan pelles C

Posted by: widitricahyo / Category:

Listing Program

#include
#include
#include
#include

void mulaiOpenGL(void);
int main(void)
{
                //
                // mRunning = TRUE, aplikasi masih berjalan
                // mRunning = FALSE, ??? :p
                GLuint mRunning = GL_TRUE;

                //
                // inisialisasi GLFW
                if( glfwInit() == GL_FALSE )
                {
                                MessageBox( NULL, "ERROR :: gagal menginisialisasi GLFW", "Error!", MB_OK);
                                return(0);
                }
                //
                // buat sebuah window yang akan digunakan untuk menggambar.
                if( glfwOpenWindow( 640, 480, 0, 0, 0, 0, 24, 0, GLFW_WINDOW ) == GL_FALSE )
                {
                                MessageBox( NULL, "ERROR :: gagal membuat window", "Error!", MB_OK );
                                glfwTerminate();
                                return(0);
                }
                //
                // Set judul yang ada di window dan Swap interval.
                glfwSetWindowTitle( "Praktikum Grafik Komputer LabTI" );
                glfwSwapInterval( 1 );
                //
                // mulai OpenGL (melakukan setting awal OpenGL)
                mulaiOpenGL();
                //
                // mulai looping utama program
                while( mRunning )
                {
                                //
                                // bersihkan layar dan depth buffer
                                glClear( GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT );
                                glLoadIdentity();
                                //
                                // lakukan penggambaran di sini
                                //------------------------------------------------------------------------------------
gluLookAt(0,0,20,0,0,0,0,1,0);
                                glBegin(GL_QUADS);
                                glColor3f(0,1,0);
                                glVertex2i(5,10);
                                glVertex2i(3,8);
                                glVertex2i(5,6);
                                glVertex2i(7,8);
                                glEnd();

glBegin(GL_LINES);
                                glColor3f(0,0,1);
                                glVertex2i(3,8);
                                glVertex2i(7,8);
                                glEnd();

glBegin(GL_QUADS);
                                glColor3f(0,1,0);
                                glVertex2i(3,6);
                                glVertex2i(3,3);
                                glVertex2i(7,3);
                                glVertex2i(7,6);
                                glEnd();
glBegin(GL_LINES);
                                glColor3f(0,1,0);
                                glVertex2i(3,5);
                                glVertex2i(0,5);
                                glEnd();
glBegin(GL_LINES);
                                glColor3f(0,1,0);
                                glVertex2i(7,5);
                                glVertex2i(10,5);
                                glEnd();

glBegin(GL_LINES);
                                glColor3f(0,1,0);
                                glVertex2i(5,3);
                                glVertex2i(2,0);
                                glEnd();
                               
glBegin(GL_LINES);
                                glColor3f(0,1,0);
                                glVertex2i(5,3);
                                glVertex2i(8,0);
                                glEnd();
glClearColor(1,1,1,1);
                                //------------------------------------------------------------------------------------
                                //
                                // tampilkan ke layar (swap double buffer)
                                glfwSwapBuffers();

                                //
                                // check input , apakah tombol esc ditekan atau tombol "close" diclick
                                mRunning = !glfwGetKey( GLFW_KEY_ESC ) && glfwGetWindowParam( GLFW_OPENED );
                }

                glfwTerminate();
                return(0);
}

void mulaiOpenGL(void)
{
                //
                // Set viewport ke resolusi 640x480 viewport bisa diibaratkan
                // layar monitor anda
                glViewport( 0, 0, 640, 480 );
                //
                // Set mode OpenGL ke mode pryeksi (Projection) dan set proyeksi
                // menggunakan proyeksi perspective, dengan sudut pandang (Field Of
                // View) 60 derajat
                glMatrixMode( GL_PROJECTION );
                glLoadIdentity();
                gluPerspective( 60.0f, 640.0f/480.0f, 0.1f, 1000.0f );

                glMatrixMode( GL_MODELVIEW );
                glLoadIdentity();
                //
                // Set mode gradasi warna halus (Smooth)
                glShadeModel( GL_SMOOTH );
                //
                // warna yang digunakan untuk membersihkan layar
                glClearColor( 0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f );
                //
                // nilai untuk membersihkan depth buffer.
                glClearDepth( 1.0f );
                //
                // Depth test digunakan untuk menghindari polygon yang
                // tumpang tindih.
                glEnable( GL_DEPTH_TEST );
                glDepthFunc( GL_LEQUAL );
                //
                // beritahu OpenGL untuk menggunakan perhitungan perspective
                // yang terbaik (perhitungan ini tidak bisa selalu 100% akurat)
                glHint( GL_PERSPECTIVE_CORRECTION_HINT, GL_NICEST );
}




Baca selengkapnya »

WW: Kelebihan dan kekurangan belanja dengan sistem e-commerce

Posted by: widitricahyo / Category:

Dalam era modern saat ini,sudah hal yang umum dan tidak asing lagi jika melihat berbagai orang melakukan aktivitas jual beli barang melalu internet. Selain caranya yang sangat mudah dalam memesan dan membeli barang,waktu yang diperlukan juga sangatlah sedikit. Pembeli cukup melihat katalog dan memesan barang yang diinginkan di situs tersebut. Pembeli pun juga merasa hemat tenaga mengingat tidak perlunya dia pergi ke suatu tempat untuk membeli barang layaknya ke pusat perbelanjaan. Sistem e-commerce hanya melihat di berbagai situs e-commerce,memesan,lalu bayar via rekening,dan barang akan tiba di rumah.
Namun terlepas dari itu semua tentu saja tak ada sistem yang sempurna. E-commerce rawan akan adanya kejahatan internet. Kejahatan internet dalam e-commerce contohnya adalah seperti tidak dikirimkannya barang yang dipesan,pesanan tak sesuai dengan yang dipesan, dan penjual palsu yang menampilkan berbagai barang di kalatog internetnya namun sebenarnya tak ada.
Untuk itu diperlukan kehati-hatian dalam memilih penjual di e-commerce.


Baca selengkapnya »

Lirik Lagu Yovie & Nuno Malam Mingguku

Posted by: widitricahyo / Category:

lihat langit biru aku merindukanmu
lihatlah diriku yang tak bisa melupakanmu
mungkinkah aku kini ada di hatimu oooh
*courtesy of LirikLaguIndonesia.net
reff:
aku ingin malam mingguku
engkau selalu ada dekatku
menemani peluk bintang-bintang
bila nanti engkau milikku
bila saja cinta berbalas
kan ku sayang selama hidupku
ku harapkan kau mengerti apa yang ku rasakan
jangan kau ragu dengan kesungguhan ini
repeat reff
andai engkau baca hatiku
isinya hanya dirimu sayangku oooh
repeat reff
oh percaya padaku, yakin padaku
jadikan aku kekasihmu
repeat reff
kan ku sayang selama hidupku


Baca selengkapnya »

Pengaruh anime pada remaja

Posted by: widitricahyo / Category:

Saat ini sudah sering kita tahu bahwa kartun jepang atau yg disebut anime banyak bermunculan di berbagai stasiun televisi. Berbagai tema kartun seperti ninja,bajak laut dan lain-lain sering menghiasi layar kaca terutama pada hari minggu. Namun ternyata anime tidak hanya merambah kalangan anak kecil,banyak kalangan remaja bahkan tak sedikit orang dewasa menikmatinya.Tak heran ini mengubah gaya hidup seseorang. Contohnya adalah biasanya hanya anak kecil yang membeli action figure tokoh kesukaannya,tapi kenyataannya para kolektor action figure adalah para remaja.Setiap bulannya para remaja yg tergila-gila dengan anime menyisihkan sedikit uangnya untuk membeli berbagai benda yang berhubungan dengan anime tersebut seperti komik,dvd,bahkan action figure.
Mungkin jika dilihat dari sisi negatif,anime hanya akan mengubah remaja menjadi lebih konsumtif,namun jika diihat dari segi positifnya,para remaja cenderung akan lebih kreatif dan mampu berimajinasi.contoh real-nya adalah banyak bermunculan para komikus muda di indonesia yg mulai bersaing dalam pasar komik indonesia.Karena mereka sering melihat berbagai gambar di komik-komik berbeda maka mereka pun akan mengambil contoh dr gambar tsb untuk dikembangkan menjadi imajinasinya.
Tak jarang cerita anime mampu mengubah perilaku seseorang.Tokoh-tokoh anime yang kebanyakan berperilaku baik dan penuh keberanian sering dicontoh oleh para pengggemarnya dan dapat menjadi salah satu sifatnya.
Pada dasarnya tokoh anime sama dengan tokoh-tokoh pada umumnya seperti tokoh pesepakbola,tokoh politik,dan tokoh-tokoh lain yg mampu membuat orang-orang menjadi mengidolakannya.karena keidolaannya tersebut maka akan berpengaruh ke berbagai aspek para remaja tsb baik pengaruh positif atau negatif.


Baca selengkapnya »

Warta Warga: Apa yang mendasari munculnya sebuah mitos tanggal 26 sebagai tanggal bencana?

Posted by: widitricahyo / Category:

Mitos mungkin sudah sering terdengar di telinga kita tentang berbagai kejadian yang disangkut-pautkan dengan sesuatu. Mitos sudah muncul dari jaman dahulu kala.Ada yang berdasarkan kepercayaan orang terdahulu yang masih mengenal animisme,dinamisme,atau karena sesuatu yang kebetulan terjadi dapat dijadikan sebuah mitos oleh masyarakat.
Sebut saja mitos baru-baru ini yang mengaitkan bahwa tanggal 26 selalu dikaitkan dengan tanggal munculnya bencana. Kenapa akhir-akhir ini tanggal 26 disebut sebagai tanggal bencana?Alasannya oleh masyarakat saat ini adalah banyaknya bencana  yang muncul pada tanggal 26. Sebut saja Tsunami Aceh, Letusan Merapi yang baru-baru ini terjadi dan berbagai bencana lain terjadi pada tanggal 26.
Sebenarnya menurut saya,tanggal 26 bukanlah tanggal bencana. Banyak bencana-bencana lain yang terjadi bukan pada tanggal 26. Namun karena sistem  pemikiran atau ideologi di negara kita yang selalu mengaitkan berbagai kejadian dengan hal-hal tertentu maka baru-baru ini mitos seputar tanggal 26 sebagai tanggal bencana itu muncul.
Jika tanggal 26 adalah tanggal bencana,apakah setiap tanggal 26 itu selalu terjadi bencana?Bencana dapat terjadi menurut kehendak Allah,hanya Allah-lah yang mengatur kapan terjadinya bencana.Jadi bagi saya itu adalah mitos belaka yang muncul dari pemikiran yang tidak relevan dengan pemikiran saat ini.


Baca selengkapnya »

tentang Prolog

Posted by: widitricahyo / Category:

Prolog merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi pada logika. Tak heran nama Prolog diambil dari kata-kata PROgramming LOGic. Dalam penggunaannya banyak game dibuat dengan menggunakan bahasa ini. Khususnya game yang mengandung Artificial Intelegence sangat mendukung jika menggunakan bahasa prolog.
Software-software prolog pun bermacam-macam. Saat ini ada 3 jenis software prolog yaitu :

1. Swi-Prolog
2. Strawberry Prolog
3. Visual Prolog.


Baca selengkapnya »

Pengaruh posisi bulan pada gunung berapi

Posted by: widitricahyo / Category:

Saat ini berbagai media seperti televisi, radio, dan surat kabar ramai membicarakan tentang Merapi. Gunung teraktif di Indonesia ini kini tengah aktif dan mengeluarkan berbagai partikel dan gas vulkanik. Berbagai aktivitas gunung tersebut atau yang disebut erupsi bisa dibilang terdahsyat dibandingkan yang sebelumnya. Banyak korban jiwa, harta, tempat tinggal telah hilang disebabkan oleh gunung Merapi ini. Letusan besar pada tanggal 4 November 2010 merupakan letusan yang kekuatannya 5 kali lipat dari letusan pada tanggal 26 Oktober 2010.
Sekarang yang tengah diwaspadai oleh pemerintah,warga penduduk merapi,masyarakat Jogjakarta adalah apakah gunung tersebut akan kembali memuntahkan awan panas serta lahar yang lebih besar dari sebelumnya atau tidak. Melalui paman saya,ia menceritakan bahwa ia membaca suatu artikel di suatu situs bahwa bulan diduga dapat memicu aktivitas tektonik di bumi. Sehingga ada kemungkinan bahwa gunung berapi pun dapat aktif karena pengaruh bulan.
Konjungsi dan purnama merupakan faktor memperbesar letusan gunung berapi. Pada tanggal 4 November posisi bulan sedang purnama sehingga ada kemungkinan bahwa purnama lah yang menjadi faktor letusan hebat gunung merapi.
Untuk info lebih lanjut tentang teori ilmiahnya dapat dilihat disini.


Baca selengkapnya »

listing membuat segitiga using Pelles C

Posted by: widitricahyo / Category:

#include
#include
#include
#include

void mulaiOpenGL(void);

int main(void)
{
//
// mRunning = TRUE, aplikasi masih berjalan
// mRunning = FALSE, ??? :p
GLuint mRunning = GL_TRUE;

//
// inisialisasi GLFW
if( glfwInit() == GL_FALSE )
{
MessageBox( NULL, "ERROR :: gagal menginisialisasi GLFW", "Error!", MB_OK);
return(0);
}
//
// buat sebuah window yang akan digunakan untuk menggambar.
if( glfwOpenWindow( 640, 480, 0, 0, 0, 0, 24, 0, GLFW_WINDOW ) == GL_FALSE )
{
MessageBox( NULL, "ERROR :: gagal membuat window", "Error!", MB_OK );
glfwTerminate();
return(0);
}
//
// Set judul yang ada di window dan Swap interval.
glfwSetWindowTitle( "Tugas Grafkom Widi & Rizky" );
glfwSwapInterval( 1 );
//
// mulai OpenGL (melakukan setting awal OpenGL)
mulaiOpenGL();
//
// mulai looping utama program
while( mRunning )
{
//
// bersihkan layar dan depth buffer
glClear( GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT );
glLoadIdentity();
//
// lakukan penggambaran di sini
//------------------------------------------------------------------------------------
gluLookAt(0,20,55,10,3,0,0,1,0);
glBegin(GL_TRIANGLES);
glColor3f(2,1,3);
glVertex2f(-3,0);
glVertex2f(3,0);
glVertex2f(0,4);


glEnd();



//------------------------------------------------------------------------------------
//
// tampilkan ke layar (swap double buffer)
glfwSwapBuffers();

//
// check input , apakah tombol esc ditekan atau tombol "close" diclick
mRunning = !glfwGetKey( GLFW_KEY_ESC ) && glfwGetWindowParam( GLFW_OPENED );
}

glfwTerminate();
return(0);
}



Baca selengkapnya »